FAKTOR PENYEBAB MERPATI TIDAK MAU BERTELUR

Faktor yang Menyebabkan Burung Merpati Tidak Mau Bertelur – Hai guys kalian semua tahu tidak apa penyebab burung merpati tidak mau bertelur?tips agar merpati giring keras
 Pasti jawabannya bermacam – macam, karena banyak faktor yang bisa mengakibatkan merpati tidak mau bertelur. Diantaranya merpati betina yang bermasalah atau merpati jantan yang bermasalah tapi selain keduanya juga ada faktor ketiga yaitu faktor alam atau lingkungan, jangan dikira faktor lingkungan tidak bisa membuat merpati tidak mau bertelur. Maka dari itu agar kita tidak bingung dengan masalah apa yang sedang terjadi, mari kita cari tahu dengan seksama.

Beberapa Penyebab Merpati Tidak Bertelur

    Karena Kurang Sehat

Sudah jelas jika merpati sedang sakit pasti akan males ngapa – ngapain apalagi untuk kawin atau berkembangbiak, nah solusinya silahkan pisahkan terlebih dahulu dan obati sampai sembuh, setelah sembuh dan pulih bisa disatukan kembali.

    Karena Lingkungan dan Perawatan Kurang

Burung merpati yang merasa nyaman dengan lingkungannya pasti ingin berkembangbiak dengan sendirinya serta dengan pakan yang cukup pula. Yang jadi pertanyaan jika merpati tidak mau bertelur, nah kalian juga harus memperhatikan lingkungan serta pakan yang dikasihkan karena kondisi serba tidak nyaman dan kekurangan pakan akan membuat merpati malas kawin sehingga tidak bisa bertelur.

    Karena Kurang Subur

Nah untuk masalah yang satu ini harus benar – benar diperhatikan, bisa saja kita melihat merpati sering kawin, lingkungan bersih dan nyaman tapi tidak kunjung bertelur. Jika ada juga telurnya selalu kosong berarti merpati tersebut mempunyai masalah dengan kesuburnanya.

Berikut ini adalah solusi mengatasi merpati yang kurang subur :

    Biarkan merpati menyendiri terlebih dahulu dan jangan lupa dikasih makan, akan tetapi dengan gabah padi. Lakukan secara rutin dengan kurun waktu satu bulan, jangan lupa berikan grit serta kalsium yang cukup.
   
Selanjutnya coba kasih vitamin ayam petelur dan bisa kalian beli di penjual pakan ayam. Seperti ; Egg Stimulant, Ryomicin dan juga yang lainnya bisa kalian tanyakan di tempat pakannya atau kalian juga bisa memberikan multivitamin penyubur dan dilakukan selama 14 hari berturut – turut. Terakhir mandikan merpati selama 5 hari berturut – turt dan dijemur, hal ini dilakukan pada pagi hari untuk merangsang syaraf serta otot pada system reproduksi.

Cara Mengatasi Merpati Jantan yang Mandul

Selain merpati betina yang mengalami kesuburan, merpati jantan juga bisa mengalami hal tersebut, mungkin karena penyakit atau faktor usia yang menyebabkan tidak berproduksi lagi. Nah sekarang aku akan berbagi pengalaman mengatasi merpati jantan yang mandul.

    Bisa diberikan telor keong yang suka ada di pesawahan – perlu diketahui bahwa telor keong sawah juga mempunyai kandungan mineral yang cukup tinggi sehingga memang cukup baik untuk menstimulasi kesuburan pada burung merpati.


    Bisa diberikan makanan berupa kerang – karena kerang bisa membantu untuk mendapatkan kesuburan kembali. Mengapa demikian? Karena kerang mempunyai kandungan mineral dan protein yang cukup tinggi. Caranya bisa kalian kasihkan seujung jari kelingking saja setiap harinya dan dilakukan pada pagi serta sore hari. Jangan heran apabila bulu merpati menjadi

rontok karena itu merupakan hal yang wajar, makanya direkomendasikan bagi merpati yang sudah pacekan.

Gimana guys cukup simpel bukan, nah bisa juga kalian kasih air minum dari air kelapa agar semakin manjur, selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat.

No comments:

Post a Comment