Menitipkan Telur Merpati Balap Ke Merpati Pembantu (BABU)

Menitipkan telur merpati balap ke merpati pembantu (babu)


Jika anda ingin beternak merpati balap gampang saja, anda misalkan mempunyai 4 pasang merpati balap yg bagus, anda tidak perlu menternakan ke 4 pasang merpati tersebut dengan cara mengumbar dan mengeraminya.
(Ini kandang sistim baterai)

Anda bisa membeli merpati pembantu yg sudah berpengalaman bertelur, beli saja di pinggir jalan atau di dekat rumah-rumah yg sedang ternak merpati kampung. Harganya tentu murah,

“Maksud dari tips ini ialah agar anda dapat melatih si merpati balap setiap hari, disamping itu anda mempunyai anakan merpati balap yg bagus dengan menitipkan telur merpati balap ke merpati pembantu (babu).”

Langsung saja : satu pasang merpati balap dan satu pasang merpati pembantu harus sama di jodohkannya, agar siklus pengeluaran telur teratur secara bersamaan. Telur merpati ada 2 bahkan bisa 3. Setelah ke 2 pasang merpati itu bertelur yg pertama keluar, biarkan ditempatnya terlebih dahulu, nah besok jika bertelur lagi baru memulai pengambilan

Catatan : apabila telur tidak keluar secara bersamaan, misalkan merpati balap bertelur
Pada hari sabtu, dan merpati pembantu bertelur pada hari minggu, tidak apa-apa, asalkan jangan melebihi 3 hari.

Cara pengambilan :
Kedua pasang merpati balap dan merpati pembantu ambil dan simpan dikandang lain, jangan sampai mereka melihat kandang yg berisi telur mereka (sembunyikan dl).
Lalu ambil 2 telur merpati balap dengan menggunakan kain agak tebal dan taruh di kandang sarang merpati si pembantu, diusahakan telur jangan sampai berubah posisi, setelah itu telur merpati pembantu mau di buang atau mau di goreng terserah anda, yang terpenting kita tujuannya ingin mengambil anakan si merpati balap yg bagus. Selanjutnya kembalikan 2 pasang merpati ke kandangnya masing-masing.

Untuk 1 pasang merpati balap usahakan besok pagi di mandikan dan jemur 1 setengah jam, apabila sudah dijemur silahkan masukan kandang dan berikan jagung dan air minum mineralnya. Dan yg terpenting supaya giring keras kembali, pada pukul 23.30 keluarkan 1 pasang merpati balap dan biarkan dia kawin, setelah kawin silahkan masukan kembali kekandang. Nah jadi merpati balap bisa kita latih kembali pd 2 hari kemudian.

Dan untuk sepasang merpati pembantu biarkan dia mengerami, kasih jagung, beras merah, multivitamin dan jerami secukupnya, agar anda tidak mau kotoran berserakan dilantai atau mengganggu jemuran orang lain anda bisa memakai ternak sistem baterai, ini contoh kandang silahkan dilihat.

“Selamat mencoba semoga berhasil menjual anakan yg berkualitas dengan harga yang tinggi,”

No comments:

Post a Comment