Pengobatan Herbal Penyakit Tetelo Newcastle Disease (ND)

Pengobatan Herbal Penyakit Tetelo Newcastle Disease (ND)

Penyakit tetelo adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri (pittacosis), karena tidak adanya atau belum ditemukan obat tetelo secara medis, maka anda harus bisa membuat ramuan obat ampuh ayam tetelo dengan obat herbal atau ramun jamu tradisional dari tanaman obat untuk mengobati tetelo (newcastle disease treatment).

 Untuk mengobati penyakit tetelo itu ada 2 macam obat tetelo yang dapat digunakan yaitu:
Dengn cara diberi vaksin ayam (chicken vaccine) NCD (Newcastle vaccine) program vaksinasi sangat ampuh sebagai cara pencegahan penyakit tetelo.
Dengan cara Pengobatan Herbal Penyakit Tetelo Newcastle Disease (ND). Disamping obat herbal ini ampuh mengatasi tetelo, obat herbal jenis ini tergolong ampuh sebagai cara pencegahan penyakit tetelo dan bahannya juga sangat mudah untuk didapatkan dan diracik menjadi obat ampuh ayam tetelo.

Tetapi yang akan saya bahas yaitu bagaimana cara meracik obat herbal untuk mengatasi penyakit tetelo atau obat tetelo dengan bahan tradisional.

Penyakit tetelo adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri (pittacosis), karena tidak adanya atau belum ditemukan obat tetelo secara medis.
Pengobatan Herbal Penyakit Tetelo Newcastle Disease (ND)

 Berdasarkan pengalaman dan wawancara dengan para peternak Unggas yang ada di lapangan, terutama para peternak Ayam Broiler dan Ayam Petelur mengenai obat ampuh ayam tetelo atau obat ayam leher melintir ( Torticollis ). Pengobatan herbal tergolong sangat ampuh sebagai cara mengobati ayam sakit atau mengobati penyakit tetelo ( newcastle disease treatment ) atau memberi kekebalan daya tahan tubuh pada unggas adalah dengan bahan-bahan tradisional. Ramuan tradisional obat herbal penyakit tetelo pada unggas ( newcastle disease in poultry ) atau obat ayam tengleng yang sering digunakan para peternak dan para master peternak yang telah disediakan oleh alam Indonesia.

 Dalam kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas tentang cara membuat obat herbal penyakit tetelo atau cara mengobati ayam sakit dan bisa juga digunakan sebagai cara pencegahan penyakit tetelo. Obat tetelo herbal jenis ini juga banyak digunakan oleh para peternak yang ada di lapangan dan pada unggas peliharaan saya, obat tetelo herbal jenis ini tergolong sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit tetelo.

 Penanganan pertama untuk mengatasi penyakit tetelo newcastle disease treatment yang harus dilakukan yaitu memisahkan atau mengarantina ayam atau unggas yang terserang penyakit nd sesegera mungkin sejak pertama kali menampakkan gejala awal newcastle disease symptoms yaitu berak sebagian besar putih encer.
Pemisahan atau pengarantinaan bertujuan untuk menghindari penularan ke ayam atau unggas lain, serta memudahkan dalam penanganan secara khusus untuk mengobati penyakit tetelo dengan pemberian obat-obatan atau obat tetelo herbal untuk mengurangi efek yang disebabkan oleh virus, seperti mengurangi demam dan untuk menambah vitamin atau jamu untuk memperkuat daya tahan tubuhnya.

Tip Pengobatan Tetelo ( newcastle disease treatment )

Dosis dihitung berdasarkan kandungan zat aktif obat per kilogram berat badan.
Konsumsi larutan obat dibatasi hanya 5 – 6 jam saja.
Pengobatan terhadap ayam yang sakit harus dilakukan dengan cara penyuntikan obat.
Pemberian obat lewat air minum minimal 4 hari.
Pengobatan terhadap infeksi penyakit bakterial harus dilakukan seawal mungkin.
Pemilihan obat berdasarkan dari hasil sensitivity test atau atas rekomendasi dari dokter hewan.
Klorinasi air minum adalah mutlak terutama tempat air minum yang terbuka (pralon).

Obat tetelo herbal jamu godogan

Bahan-bahan obat tetelo herbal
 Daun pepaya, Daun sirih merah, Daun salam, Sambiloto, Kunyit putih, temu kunci, Temu lawak, Temu ireng, Kunyit, Jahe, Kulit bawang atau bawang putih, Kulit bawang atau bawang merah, Gula merah.

Bisa judga cukup dengan 4 rempah-rempah diantaranya
Kunyit putih, Daun sirih merah, Sambiloto dan Temu kunci.
Kunyit putih, sambiloto dan daun sirih merah merupakan tanaman obat tradisional yang berfungsi sebagai obat antikanker, antiinflamasi dan anti radang yang banyak digunakan sebagai obat penyakit Kanker atau obat penyakit Saraf.

Kunyit putih, sambiloto dan daun sirih merah merupakan tanaman obat tradisional yang berfungsi sebagai obat antikanker, antiinflamasi dan anti radang yang banyak digunakan sebagai obat penyakit Kanker atau obat penyakit Saraf.
Pengobatan Herbal Penyakit Tetelo Newcastle Disease (ND)
Bahan-bahan diatas kalo diracik menjadi obat herbal bisa menjadi obat penyakit tetelo yang ampuh. Sayangnya tidak ada takaran atau dosis khusus mengenai racikan obat tradisional untuk mengatasi penyakit ND dengan menggunakan bahan-bahan diatas, karena sifatnya seperti jamu godokan, jadi silakan gunakan bahan seperlunya.

Cara pembuatan obat tetelo herbal

 Semua bahan diiris tipis-tipis atau digiling, lalau masukkan ke dalam panci berisi air, dan direbus sampai mendidih.
Setelah mendidih, angkat panyci lalu diamkan ramuan tersebut hingga beberapa saat sampai suhunya menjadi hangat-hangat kuku.
Air rebusan tersebut harus disaring.
O’iya jangan lupa ampas sisa dari perasan tersebut jangan dibuang, karena masih bisa digunakan untuk Pengobatan Herbal Penyakit Tetelo Newcastle Disease ( ND ), sebagai campuran pakan basah pada itik atau ayam, atau dikeringkan untuk dicampur dengan voer burung. Ampas ini juga dapat membantu mencegah unggas dari berbagai penyakit akibat virus dan bakteri ( psittacosis ), termasuk tetelo dan flu burung.

Cara pakai obat tetelo herbal

 Cara pakai obat herbal tersebut bisa dicampur dengan air minum, lalu berikan ke ternak yang terjangkit penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut seperti anda memberikan air minim biasanya ( sebaiknya diberikan pada sore hari ).
Anda juga bisa melakukan obat tetelo herbal ini, dengan cara seperti melakukan vaksin air minum.
Untuk peternakan sekala kecil, pemberian obat herbal untuk unggas atau burung yang biasa dipegang, air rebusan ini bisa diteteskan langsung ke paruh burung atau unggas, dengan dosis 2 sendok makan (sekitar 5 ml atau 5 cc). Untuk unggas atau burung yang belum terbiasa dipegang, air rebusan obat herbal tersebut bisa dicampurkan ke dalam air minum.
Menjelang pancaroba atau pergantian musim, yaitu pada bulan ( Oktober - November dan April - Mei ), ramuan obat tetelo ini bisa berikan setiap 2-3 hari sekali dan untuk diluar musim pancaroba, pemberian cukup 1 minggu sekali.
Pemberian obat herbal untuk mengobati penyakit tetelo newcastle disease treatment sebaiknya dilakukan sore hari.

Obat tetelo herbal daun papaya

 Dengan memberikan air perasan daun pepaya untuk mengobati penyakit tetelo pada unggas newcastle disease in poultry.

Cara membuat dan cara pakenya:
 Ambil daun pepaya yang sudah terlihat tua, namun belum menguning
Letakkan pada suatu wadah atau.
Beri air sebanyak 100 ml dan kucek hingga menjadi halus.
Bisa juga menggunakan blender, atau dengan cara ditumbuk, yang penting bisa ambil sari daun pepaya.
Peras daun pepaya yang sudah dicampur dengan air hingga berwarna hijau pekat dan masukan kedalam botol.
Minumkan air ekstrak tersebut pada ayam dengan langkah-langkahnya yaitu; Ayam tersebut dipegangi oleh orang lain, buka bagian mulut ayam, binumkan air perasan daun pepaya sebanyak dua sendok makan atau sekitar 5 ml.
Minumkan air ekstrak tersebut rutin tiga kali sehari.
Pada hari ketiga, waktu pemberian dikurangi yaitu menjadi dua kali sehari.

Peras daun pepaya yang sudah dicampur dengan air hingga berwarna hijau pekat dan masukan kedalam botol.
Pengobatan Herbal Penyakit Tetelo Newcastle Disease (ND)

 Pengobatan Herbal Penyakit Tetelo Newcastle Disease ( ND ) atau obat ayam tengleng ini bisa diberikan ke semua unggas tanpa efek samping bila pemberianya tidak berlebihan, bisa diberikan keternak Ayam potong ( broiler ), Ayam petelur ( ayam ras ), Ayam Bangkok, Ayam joper ( ayam kampong ), Bebek potong, Bebek petelur, Entok, Burung merpati, Burung kicau dan lain sebagainya.
Baca juga: Penyakit yang Menyerang Ayam Pedaging dan Cara Pengendaliannya

 Jika dengan obat tetelo tradisional tidak ada perkembangan, maka anda harus segera panggil Dokter Hewan terdekat untuk mendapatkan perawatan medis. Dokter Hewan biasanya akan memberikan obat serum tetelo yang diberikan dengan cara disuntikkan, selain itu, dokter juga kadang memberikan obat oral yang pemberiannya dicampur dengan air minum. Kalau tingkat kematianaya tergolong cukup tinggi segera laporkan ke dinas peternakan yang ada di daerah masing-masing.

 Demikian sedikit penjelasan dari saya mengenai bagai mana cara mengobati penyakit tetelo Newcastle Disease Treatment atau cara mengobati tengeng leher pada ayam atau unggas dengan obat penyakit tetelo herbal atau dengan ramuan tradisional. Semoga informasi mengenai obat tetelo herbal, yang telah saya tulis diatas dapat bermanfaat bagi anda yang sedang menjalankan usaha ternaknya, semoga harimu menyenangkan. Selamat beternak dan sukses slalu.

1 comment:

  1. Terima kasih informasinya min... Sangat bagus, ditunggu artikel terbarunya :) Salam Sukses Selalu min...

    Mampir ya ke blog pemainayam.club - Kelebihan Dan Ciri Ayam Jalu Renteng

    ReplyDelete