MERPATI MABUNG

perawatan merpati mabung

Utk menangani merpati mabung, ada 2 tahapan proses. Yang pertama ketika burung sedang mabung. Yang kedua perawatan dan latihan setelah mabung.

1)
Utk yg pertama, burung sedang kondisi mabung, asupan protein sangat dibutuhkan. Ini utk mempercepat pertumbuhan bulunya. Burung juga perlu diumbar2 supaya otot2 tidak kaku. Kalau sedang mengeram, sebarkan jerami utk diangkut sebagai sarangnya.
Selain itu jangan lupa pemberian vitamin yg lain macam minyak ikan, B kompleks, kalk, dll.

2)
Setelah mabung, burung dilatih dari ulang. Ini adalah point yg paling penting krn banyak burung sehabis mabung gagal akibat proses latihan yg salah. Banyak komplain dari pemain yg mengeluh napasnya jadi jelek, terbangnya ngawur, dll, dsb. Ini kebanyakan krn akibat salah latih pasca mabung.


ada juga beberapa cara lain tergantung pemiliknya
Burung yg habis mabung, otot2nya kembali 'kaku'. Ibarat atlit yg sudah lama beristirahat dan kembali bermain lagi. Kalau langsung di gojlok, pasti ototnya akan kram bahkan cidera.
Maka point pertama yg harus dicapai ketika melatih burung sehabis mabung adlh :

mengembalikan volume ototnya sedikit demi sedikit. Burung dilatih jarak dekat saja utk memulihkan kondisi ototnya. Jangan sekali2 bernafsu menambah jarak lepas burung. Meskipun burung terlihat terbang semangat dgn jalur yg bagus, tapi ini jangan dijadikan ukuran bahwa otot2nya sudah kembali seperti semula.

1) Merpati yg baru pertama mabung
- Bila piyik yg sdh saya latih terlihat bagus dan bisa utk prospek kedepan pd saat mabung saya akan lolohkan dahulu krn utk pembentukan karakter agar merpati tsb benar2 dewasa & pada saat dilatih kembali kondisinya stabil serta dapat menunjukakan kualitas yg maksimal, dalam melolohkan ini jg saya tdk terlalu lama maksimal hanya 2 minggu.
- merpati tetap saya umbar agar otot2 tdk kaku serta asupan gizi tetap saya prioritaskan krn burung pd saat mabung membutuhkan kalsium, gizi dan protein.
- pada saat mabung saya membuat jamu yg terbuat dari kerang yg sy blender + kacang hijau yg sdh diblender dgn telor bebek utk meleketkan setelah setengah kering baru saya buat butiran sebesar jagung tujuannya :
* kerang mengandung zinc utk pembentukan tulang dan mengandung minyak utk menghaluskan bulu2 pd saat tumbuh kembali.
* Hormon pertumbuhan bulu dapat terbantu dgn kandungan kerang, kacang hijau dan telor bebek.
* Proses mabung dpt lebih cepat dan kondisi burung stabil tdk drop.
* Pemberian pun seminggu 5 kali hanya pd saat mabung

2) Merpati yg mabung kedua atau berikutnya.
- Perlakuan sama dgn mabung pertama hanya utk mabung kedua burung sdh tdk saya lolohkan hanya cabut telor agak saya lamakan maksimal 10 hari krn bila sampai 14 hari akan keluar air susu ditemboloknya yg akan menyulitkan bila dilatih.
- Melatih kembali biasanya burung pd saat lar kurang 2-3, namun saya lihat bulu2 diketiaknya bila sdh rapi baru saya latih kembali ( cara pelatihanpun sepertinya sdh dibahas pd kolom terdahulu )

Catatan :
* Jamu yg saya buat dari kerangpun saya berikan buat burung2 yg jadi bahan ternak saya, hasil yg terlihat burung terlihat gemuk2 krn nafsu makan meningkat, telor byk yg jadi atau tdk busuk dan bulu2nya mengkilat berminyak seperti burung dilatih..

No comments:

Post a Comment