TIPS UNTUK PERAWATAN PIYIK MERPATI BALAP ATAUPUN TINGGIAN

Merawat Piyik Merpati Balap dan Tinggian


Memproduksi merpati laga baik itu merpati balap/sprint, kolongan/tinggian maupun gertakan yang berkualitas bagus tentulah dimulai dengan perawatan yang baik sejak anak merpati berusia dini, yaitu sejak anakan merpati tersebut masih piyik.

Banyak diantara para peternak merpati yang telah berhasil mencetak merpati laga dari penangkarannya yang telah berprestasi dibeberapa kompetisi dan kejuaraan membeberkan beberapa tips perawatan piyik merpati seperti berikut ini:

Pada saat piyik sudah bisa makan sendiri tempatkan dalam 1 kandang yang agak besar terpisah dari burung dewasa. Kalaupun harus dicampur dengan burung dewasa, campurlah piyik tersebut satu kandang hanya dengan Merpati betina saja. Tujuannya agar tidak dikejar-kejar oleh burung dewasa, terutama waktu rebutan makanan.

Sekali-sekali piyik perlu dipegang dan dimandikan agar tidak liar (giras). Kandang piyik juga perlu mendapat sinar mata hari yang cukup. Kalau tidak memungkinkan membuat kandang khusus piyik yang penting dijemur setiap pagi.

Makanan untuk piyik yang baru disapih pada prinsipnya sama saja dengan Merpati dewasa ditambah dengan grit. Seminggu sekali air minum juga dicampur dengan cuka apel atau cuka biasa seperti telah dijelaskan diatas. Supplement sangat penting untuk piyik yang struktur tubuhnya sedang tumbuh menjadi burung dewasa.

Pada prinsipnya dalam proses selama dalam proses menjadi dewasa piyik harus merasa nyaman dengan makanan yang cukup dan bergizi.

Sekian artikel tips Cara Merawat Piyik Merpati Balap dan Tinggian yang bagus semoga bermanfaat bagi Sobat pecinta burung merpati.

No comments:

Post a Comment