PENYEBAB MERPATI BETINA TIDAK BERTELUR

PENYEBAB MERPATI BETINA TIDAK BERTELUR

Merpati tidak bertelur ini bisa di akibatkan oleh merpati betina yang bermasalah atau merpati jantan yang bermasalah atau dapat pula faktor lingkungan yang bermasalah, untuk mengetahuinya mari kita simak sedikit bahasan mengenai merpati tidak mau bertelur ini.

. Faktor lingkungan dan Rawatan
. Faktor Kesehatan
. Faktor kesuburan
. Merpati Jantan Mandul

Merpati yang tidak bertelur ada beberapa penyebab, diantaranya :

1. Faktor lingkungan dan Rawatan
Merpati yang sehat dan tersedia pakan yang cukup pada dasarnya mempunyai insting untuk berkembang biak (kawin, bertelur), jadi walaupun kita biarkan saja dia akan berkembang biak dengan sendirinya. Nah untuk merpati yang tidak bertelur perlu kita perhatikan apakah lingkungan dan pakannya tercukupi dengan baik. Kondisi kandang juga perlu diperhatikan, umbar merpati untuk kawin jika didalam kandang tidak memungkinkan untuk kawin dan burung yang di umbar rata-rata cepat untuk berkembang biak.


2. Faktor Kesehatan
Merpati yang sakit jarang sekali yang mempunyai keinginan untuk berkembang biak, jika merpati sakit pisahkan dan obati sesuai dengan penyakit yang menyerang, lalu umbar merpati agar kondisi kembali pulih dan coba jodohkan kembali.

3. Faktor kesuburan


Terkadang kita juga mempunyai masalah merpati yang tidak kunjung bertelur, padahal kawin rutin, rawatan dan lingkungan bagus tapi merpati tidak kunjung bertelur dan telurnya selalu kosong. Umur merpati pun mempengaruhi faktor kesuburan, biasanya merpati yang masih muda lama untuk bertelur.

Jika terjadi demikian mungkin ada masalah dengan kesuburan merpati anda. Dan ada beberapa solusi untuk masalah kesuburan merpati ini :

a. Burung di sendirikan dulu dan di kasih makan gabah padi (Bisa di campur) dan penjemuran di lamakan (Perawatan kurang lebih 1 Bulan). Berikan grit dan kalsium yang cukup untuk merpati, bisa juga dengan memberikan udang ebi 9 secukupnya (sebelumnya direndam dulu di air hangat sampai agak lunak)

b. Coba kasih vitamin ayam petelur. Ada berbagai macam merk yg mudah dibeli di tempat penjual pakan ayam misalnya : Egg Stimulant, Ryomicin, dll. Jangan lupa kasih obat cacing, kondisi badan harus stabil (tidak kurus / kegemukan). Atau berikan mutivitamin penyubur “VITALUR” selama 14 hari berturut-turut, kemudian cukup 2x seminggu. Merpati betina, tiap pagi harus dimandikan dan langsung dijemur selama 5 hari berturut turut untuk merangsang syaraf dan otot sistem reproduksi.

c. Berikan vitamin E, seperti natur E sebanyak 1 kali satu minggu. Vitamin E sangat bagus bagi kesuburan merpati, pertumbuhan dan kesehatan bulu merpati. Saya biasanya pakai ini buat merpati saya.

MERPATI JANTAN MANDUL

Selain dari faktor betinanya, merpati yang tidak mau bertelur juga bisa berasal dari jantannya. Jantan mandul pada merpati bisa dikarenakan penyakit bisa juga karena faktor umur. Biasanya merpati pacekan yang sudah berumur akan ada saatnya dia mandul dan tidak berproduksi lagi.

Ada beberapa solusi untuk merpati jantan yang sudah mandul.

a. Beri makan kerang

Pemberian kerang bisa membantu merpati untuk mendapatkan kesuburannya kembali, dikarenakan pada kerang terdapat kandungan mineral dan protein yang tinggi. Berikan cukup seujung jari kelingking saja setiap pagi dan sore. Tetapi efek pada pemberian kerang merpati akan rontok bulunya. Tidak direkomendasikan untuk player yang aktif, tetapi untuk pacekan dikandang bulu yang rontok tidak masalah.

b. Beri Telor Keong



Selain pemberian kerang juga bisa diberikan telor keong sawah. Telor keng sawah juga mempunyai kandungan mineral yang tinggi sehingga baik untuk menstimulasi kesuburan pada merpati.

Selain memberikan kerang atau telur keong berikan pula minuman yang tinggi mineral, bisa dengan menggunakan air kelapa atau dengan mencampur air dengan “VITALUR”.

No comments:

Post a Comment