MERPATI BETINA TIDAK MAU BERTELUR????

TIPS AGAR MAERPATI BETINA AGAR MAU BERTELUR KEMBALI

 Merpati tidak bertelur bisa diakibatkan oleh faktor merpati betina yang bermasalah, merpati jantan yang bermasalah, atau faktor lingkungan yang bermasalah. Kali ini kita akan membahas kasus pada merpati betina. Konon bila betina yang pantatnya seksi dikawinkan dengan pejantan maka akan tambah seksi, tapi masalah yang (biasanya) mengikuti adalah si betina jadi enggan bertelur.

Tentunya masalah itu menjadi persoalan tersendiri. Ingin tahu cara mengatasinya? Simak tulisan di bawah ini.

Tak ada salahnya coba memberi vitamin ayam petelur. Ada berbagai macam merek yang mudah ditemui ditempat yang menjual pakan ayam, seperti: Egg Stimulant, Ryomicin, dll. Jangan lupa beri obat cacing, agar kondisi badan stabil (tidak kurus/ kegemukan).
Agar telur tidak kosong karena fertilitas telur menurun, berilah mutivitamin penyubur (vitalur) selama 14 hari. Setelah itu cukup berikan 2 kali seminggu. Selain itu, tiap pagi merpati betina harus dimandikan dan langsung dijemur selama 5 hari berturut-turut untuk merangsang syaraf dan otot sistem reproduksi.
Ada baiknya bagi burung untuk disendirikan dahulu, diberi makan gabah padi dan dijemur agak lama. Apabila cangkang lembek, berilah nasi yang sudah dikeringkan dan beri grit. Kalau cangkang normal, beri makan udang ebi sebanyak 9 buah yang sebelumnya sudah direndam di air hangat sampai agak lunak.

No comments:

Post a Comment