TIPS UNTUK MERPATI NGOROK

Cara mengobati merpati ngorok

Nafas merpati yang berbunyi seperti penyakit asma bisa di sebabkan kondisi cuaca yang kurang kondusif,kurangnya pasokan air minum,kurang di jemur,terlalu lama di simpan dalam besek DLL.

Lalu bagaimana pengobatan merpati yang ngorok?
Cara mengobati merpati ngorok ini dengan metode berikut :

Menjemur di terik matahari dari pagi sampai sore dengan pasokan air minum dan makanan yang cukup.
Memberi jamu rempah-rempah seperti kunyit,jahe,temu kanci,gula merah yang di buat bulatan kecil seukuran jagung,pada tempat air minum usahakan di buat khusus dan tidak di pakai bergantian untuk menghindari penyebaran kuman penyebab nafas merpati ngorok dan berikan sampai berkelanjutan sampai kurang lebih 3 hari berturut turut.

Memasukkan bulu sayap merpati yang telah copot ke dalam paruh lalu putar bulu sayap tersebut sampai tenggorokan atau tembolok,ini gunanya agar flex atau cairan yang menempel di tenggorokan bisa di keluarkan.
Saat malam hari tempatkan merpati yang ngorok di kandang yang terdapat lampu agar tubuh merpati tetap terjaga suhu badannya dan merasa hangat.

Pemberian air untuk minum usahakan air yang sudah matang dan ini di lakukan agar keadaan tenggorokan merpati yang ngorok tidak bertamah parah dan usahakan juga air tersebut hangat.
Untuk makanan jika memungkinkan setiap hari pemberian makan terhadap merpati ngorok dengan pur atau bisa juga bubur yang mengandung kacang hijau guna menjaga ukuran tubuh tetap stabil,.
Mengoleskan kaki dengan minyak gosok setiap malam sambil di urut-urut pada bagian jari kaki merpati,ini bertujuan agar merpati tetap hangat saat berpijak.

Jika merpati yang ngorok mulai membaik jangan menyatukan atau mengumbar merpati tersebut sampai benar-benar pulih 100% dari ngorok,karena bisa saja merpati yang baru membaik di umbar dan minum pada tempat minum bersama akan mengakibatkan merpati lain tertular ngorok.

Sekian ulasan kali ini tentang mengobati merpati ngorok ini dan semoga artikel ini bisa membantu para pehobi dalam mengobati merpati yang sedang terkena penyakit ngorok.

No comments:

Post a Comment